Minggu, 03 Februari 2013

Keep Calm And bla..bla..bla..

Terjawab sudah kegundah gulana hatiku atas pertanyaan dari melihat banyaknya gambar-gambar bertuliskan "KEEP CALM AND bla..bla..bla.." dengan logo mahkota yg khas di atasnya. Seperti kata pepatah "Ada Asap pasti ada Api", begitu pula dengan poster yang versi 'KW' nya banyak berswileran di jagad informasi ini. Tidak mungkin poster ini bisa seterkenal sekarang tanpa sebab-sebab cerita di baliknya

Ternyata eh ternyata. Poster ini dulunya diciptakan sebagai media propaganda untuk meningkatkan kesadaran moral rakyat Inggris dalam menghadapi kondisi pecahnya Perang Dunia ke II tahun 1939. Sejarah dari berkembangnya tulisan ini ternyata cukup panjang dan nggak main-main. Di atas tulisan KEEP CALM AND CARRY ON ini biasanya diberi simbol mahkota, hal ini sebagai simbolisasi atas kekuasaan Raja George VI yang memerintah pada tahun 1936-1952.

KEEP CALM AND CARRY ON sendiri secara sederhana berarti, “jangan panik”. Frase ini ada untuk mengingatkan rakyat Inggris untuk tetap mengontrol diri dan tidak terhasut oleh situasi perang dunia II dan invasi NAZI di Inggris yang tidak menguntungkan. Meski singkat, tetapi makna dari frase ini sangat padat dan menggambarkan situasi yang sedang terjadi. 

Selain "KEEP CALM AND CARRY ON" pada masa itu pemerintah Inggris juga menyebarkan 2 jenis poster lainnya untuk tujuan yg sama, yaitu sebagai Propaganda. 2 diantaranya adalah:

'Your Courage, Your Cheerfulness, Your Resolution will Bring Us Victory' & 'Freedom is in Peril'

Jadi, gimana ? Apakah sudah terpuaskan sebagaimana saya terpuaskan sekarang ?
Jika belum silahkan temukan lebih lengkapnya di sini.
Keep Calm and Read My Blog :)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar